Apakah Halal Gel Dapat Digunakan Untuk Shalat?

halal gel
halal gel

Membuat atau menghias kuku dengan nail art tentu saja digemari, terutama untuk para wanita. Namun, di Indonesia sebagian besar masyarakat beragama Muslim, hal ini membuat banyak pertanyaan mengenai kehalalan dalam menggunakan gel polish atau nail art. Beberapa brand sudah membuat gel polish yang sudah berbasis halal sehingga sering disebut juga sebagai halal gel.

Eits, hal ini tentu belum menjawab keresahan beberapa pecinta nail art khususnya yang beragama Muslim.

Apakah halal gel bisa dipakai shalat?

Saya sudah mencoba untuk meriset hal ini lebih dalam lagi, Gel umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti polimer sintetis, air, alkohol, pewarna, dan bahan pengawet. Beberapa bahan ini seperti alkohol dan pewarna mungkin menimbulkan pertanyaan tentang kehalalan dalam agama Islam.

Dalam Islam, alkohol dikategorikan sebagai zat yang tidak halal dikonsumsi atau digunakan. Namun, alkohol yang digunakan dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi umumnya bukan alkohol yang berasal dari fermentasi anggur atau minuman keras, melainkan alkohol sintetis atau alkohol yang diolah secara kimia. Oleh karena itu, para ulama berbeda pendapat mengenai kehalalan alkohol dalam produk kosmetik.

Pewarna yang digunakan dalam produk gel juga dapat menimbulkan pertanyaan tentang kehalalannya, terutama jika berasal dari sumber hewan atau bukan-halal.

Diluar itu, penggunaan gel polish juga dipertanyakan, apakah lapisan gel polish dapat meresap air sehingga ketika sedang melakukan wudhu, kuku juga menjadi bersih. Setelah melakukan eksperimen langsung menggunakan gel halal, air yang berada dilapisan atas gel halal tetap tidak dapat meresap atau juga tembus dikarenakan gel polish melalui proses UV LED yang membuat lapisan kuku tertutup.

Maka sebenarnya belum ada kepastian mengenai hal ini, saya pun tidak bisa menjamin bahwa gel polish yang sudah berbasis halal bisa dibawa untuk shalat atau tidak. Jawaban yang pasti bisa saya jawab saat ini adalah semua tergantung kepercayaan masing-masing pihak. Karena beberapa dari customer/pelanggan tetap membawa shalat meskipun dalam keadaan menggunakan nail gel polish dan ada juga yang hanya menggunakan gel polish dalam keadaan menstruasi atau sedang tidak shalat.

Untuk keamanan, sebaiknya menggunakan breathable nail polish yang tidak perlu melalui proses UV LED. Akan tetapi, barra belleza tidak menyediakan tipe kutek seperti breathable nail polish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *